Ingin Tahu Cara Menghilangkan Panu Di Kepala? Inilah Cara Alaminya


Cara Menghilangkan Panu Di Kepala - Salah satu penyakit kulit yang banyak diderita masyarakat adalah panu. Panu adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Sebenarnya, panu bukanlah penyakit menular yang berbahaya. Namun, penyakit ini sangat mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Apalagi jika panu tumbuh di area kepala. Panu bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius seperti rambut rontok dan kebotakan.

Baca Juga : 7 Cara Menghaluskan Rambut Secara Alami Paling Ampuh

Anda tidak perlu khawatir, karena panu dapat disembuhkan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah. Berikut ini artikel yang membahas terkait cara menghilangkan panu di kepala dengan bahan alami.

Ini 8 Cara Menghilangkan Panu Di Kepala Dengan Bahan Alami

Berikut ini beberapa cara menggunakan bahan alami untuk menghilangkan panu di kepala :

1. Ekstra Anggur

Obat alami pertama untuk menghilangkan panu di kepala adalah ekstrak anggur. Anggur memiliki banyak manfaat salah satunya mengobati panu karena memiliki sifat anti jamur. Cukup gunakan ekstra anggur 2 sampai 3 kali sehari pada kulit kepala yang terkena panu hingga sembuh.

2. Madu

Madu juga terkenal sebagai obat. Salah satunya sebagai anti jamur dan anti bakteri alami. Cara menggunakannya cukup oleskan madu tipis-tipis ke kulit kepala yang terkena panu. Diamkan selama 1 sampai 2 jam. Kemudian anda bisa mencucinya dengan sabun ringan. Ulangi setiap hari hingga panu sembuh. Anda harus memastikan madu yang anda gunakan adalah madu alami asli dan organik.

3. Minyak Kelapa

Satu lagi bahan alami yang mempunyai sifat anti jamur, yaitu minyak kelapa. Caranya oleskan minyak kelapa pada area kepala yang terkena panu. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat. Pastikan minyak kelapa yang anda gunakan adalah minyak kelapa berjenis minyak kelapa murni (virgin coconut oil / VCO )

4. Bawang Putih

Anda bisa mendapatkan bahan alami yang satu ini dengan mudah. Selain dikenal sebagai bumbu masak, bawang putih juga memiliki sifat anti fungsi untuk mematikan panu. Bawang putih juga membantu regenerasi kulit agar bisa seperti semula karena mengandung saltivine, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan belerang.

Anda bisa menghancurkan 3 siung bawang putih kemudian terapkan pada kulit kepala yang terkena panu. Atau anda juga dapat membelah bawang putih menjadi dua bagian. Lalu oleskan getahnya pada kulit kepala dan diamkan. Lakukan secara rutin setiap hari sebanyak tiga kali setelah kulit kepala dibersihkan terlebih dahulu. Ada beberapa orang yang sensitif terhadap bawang putih. Jadi hentikan pemakaian jika terjadi iritasi.

5. Yogurt

Yogurt mengandung banyak bakteri Lactobacillus acidophilus yang sangat efektif dalam mengobati infeksi jamur. Tapi ingat, gunakan yogurt yang alami tanpa rasa dan tanpa pemanis. Cara mengobati panu dengan yogurt juga mudah. Oleskan yogurt pada kepala yang terkena panu selama 30 menit. Kemudian bilas dengan bersih.

6. Cuka Apel

Cara menyembuhkan panu dengan cuka apel yaitu oleskan cuka apel dengan menggunakan kapas pada kulit kepala. Cuka apel ini dapat mengeringkan jamur panu dengan cepat. Lakukan secara rutin setiap hari untuk memperoleh hasil maksimal.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan. Salah satunya untuk menyembuhkan panu pada kepala anda. Untuk memperoleh manfaat minyak zaitun ini, anda cukup mengoleskannya secara tipis-tipis pada area yang terkena panu. Lakukanlah secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali sehari setelah mandi.

8. Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati panu adalah aloe vera atau lidah buaya. lidah buaya merupakan salah satu cara menghilangkan panu di kepala. Cukup oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala yang terkena panu. Oleskan setiap selesai mandi secara rutin hingga panu sembuh.

Baca Juga : Tips Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Cepat Dan Alami Yang Wajib Anda Coba

Lidah buaya memiliki sifat alkali. Sedangkan jamur tidak bisa hidup pada daerah yang bersifat alkali. Oleh karena itulah lidah buaya dapat dijadikan obat alami panu. Selain itu, lidah buaya juga mengandung asam salisilat, asam sinamat, nitrogen, urea, fenol dan sulfur yang berfungsi menyembuhkan kulit dari panu.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan dan cara menghilangkan panu di kepala. Jagalah kebersihan dan kesehatan anda. Karena panu dapat menular baik secara langsung dari kulit ke kulit atau melalui barang-barang yang digunakan bersama seperti sisir dan kolam renang. Semoga artikel diatas dapat membantu anda mengobati panu yang sudah terlanjur menempel pada kepala anda.

Berlangganan Artikel :