7 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Tradisional Paling Ampuh


Cara Menghilangkan Karang Gigi - Karang gigi yang membandel cukup susah untuk dihilangkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi karang gigi sehingga sulit dihilangkan. Salah satu faktor tersebut adalah karena gigi jarang dibersihkan. Tetapi Anda tak perlu khawatir. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan karang gigi tersebut.

Baca Juga : 9 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami Bisa Langsung Anda Coba

Dari sekian banyak cara, cara menghilangkan karang gigi secara tradisional adalah pilihan paling tepat yang dapat Anda coba. Selain murah, cara tersebut juga terbilang aman.

Inilah 7 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Tradisional

Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba sendiri di rumah untuk menghilangkan karang gigi membandel secara tradisional.

1. Lidah Buaya


Penelitian telah membuktikan bahwa lendir tumbuhan lidah buaya mengandung antibakteri dan antimikroba. Oleh karena itu, tak heran banyak masyarakat yang memanfaatkan lendir lidah buaya untuk menghilangkan plak dan juga karang gigi. oleh karena itu cara menghilangkan karang gigi secara tradisional bisa dengan lidah buaya ini. Penggunaannya Anda hanya perlu mengoleskan lendir atau gelnya pada gigi dengan menggunakan sikat gigi atau tangan. Kemudian tunggu kurang lebih 15 menit. Setelah itu, berkumurlah dengan menggunakan air hingga bersih. Cara ini dapat Anda lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Jambu Biji


Berdasarkan hasil penelitian, jambu biji berpotensi dijadikan obat untuk penyakit periodental (penyakit yang berhubungan dengan gusi). Selain itu, buah ini juga ampuh membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan terbentuknya plak gigi.

Penggunaannya cukup mudah. Anda dapat langsung mengunyah jambu biji yang telah dipotong-potong dan ditambahkan sedikit garam. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan Anda mengunyah tepat di bagian gigi yang berkarang. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakannya 1-2 kali dalam sehari.

3. Kulit Jeruk


Ternyata tak hanya buahnya saja yang memiliki banyak khasiat, kulit jeruk juga tak kalah bermanfaat. Biasanya kulit jeruk digunakan untuk mengusir nyamuk dan pewangi ruangan. Namun, tahukah Anda kulit jeruk juga dapat menghilangkan karang gigi? Hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung limonene serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri.

Cara penggunaannya yaitu gosokkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Kemudian diamkan selama kurang lebih tujuh jam. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakannya saat tidur malam. Keesokan paginya Anda dapat berkumur dengan air sampai bersih.

4. Cengkeh


Hasil penelitian membuktikan bahwa cengkeh memiliki khasiat dalam mengatasi sakit gigi serta menghilangkan karang gigi yang membandel. Hal ini dikarenakan di dalam cengkeh terkandung senyawa yang berperan sebagai anti-plak dan anti-gingvitis (peradangan pada gusi)

Caranya yaitu menghaluskan cengkeh dan ambil kira-kira 1 sendok teh bubuk dan menuangkannya pada mangkuk yang telah disiapkan. Lalu tambahkan 5 tetes minyak zaitun dan aduk hingga rata. Kemudian Anda dapat menggunakan ramuan tersebut untuk menggosok gigi.

5. Baking Soda


Bahan makanan yang mengandung sodium bicarbonate ini biasanya digunakan sebagai pengembang kue. Namun, tahukah Anda bahan ini juga ampuh untuk menghilangkan gigi? Hal ini dikarenakan baking soda memiliki sifat basa sehingga membantu menetralkan pembusukan asam yang telah terjadi di dalam mulut Anda.

Penggunaannya cukup mudah dan praktis. Anda dapat mengkombinasikan satu sendok teh baking soda dengan setengah sendok teh garam sebagai campuran. Kemudian aduk rata dalam sebuah wadah. Setelah itu, Anda dapat menggunakan ramuan tersebut untuk sikat gigi. Jika sudah selesai Anda dapat berkumur hingga bersih. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menggunakan ramuan tersebut hanya satu kali dalam seminggu. Jika Anda menerapkan metode ini terlalu sering maka enamel gigi akan tipis dan rusak.

6. Cuka Putih


Cara menghilangkan karang gigi secara tradisional berikutnya yaitu menggunakan cuka putih. Penelitian membuktikan bahwa cuka putih mengandung asam yang cukup tinggi. Kandungan asam tersebut yang berperan dalam menghilangkan plak dan juga mencegah kerusakan enamel gigi. Caranya mudah, Anda cukup melarutkan setengah sendok teh cuka ke dalam setengah cangkir air dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu, Anda dapat menggunakan air tersebut untuk berkumur sekali dalam sehari.

7. Teh Hijau


Apakah Anda penggemar teh hijau? Teh dari golongan Camellia sinensis ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Dalam hitungan menit, teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk plak. Selain itu, teh hijau ini juga sangat ampuh menghilangkan karang gigi dan juga mencegah radang gusi. Caranya yaitu cukup dengan menggunakan rebusan teh hijau untuk berkumur. Karena terbuat dari bahan herbal, tentu penggunaan teh hijau ini aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun bagi Anda.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Menghilangkan Karang Gigi secara tradisional yang aman tanpa efek samping. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan salam sukses selalu ...

Berlangganan Artikel :