7 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Darah Dengan Merubah Pola Hidup

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat - Kolesterol adalah salah satu bentuk lemak yang normal ada di dalam tubuh manusia, bisa berasal dari dalam tubuh dan dari makanan. Bukannya tidak memiliki fungsi di dalam tubuh, kolesterol penting dalam pembentukan dinding sel dan mempunyai peran dalam pembentukan hormon kesuburan. Fungsinya terbilang sangat penting, namun bila kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi akan memiliki dampak yang tidak baik juga. Kolesterol berdasarkan kandungannya dikenal ada 2 jenis yaitu kolesterol jahat (LDL) yang tinggi lemak dan kolesterol baik (HDL) yang tinggi protein.



Disebut kolesterol jahat karena LDL bertugas membawa kolesterol dari hati ke dalam darah. Sehingga kadar LDL yang tinggi di dalam darah akan menyebabkan pembentukan plak pada pembuluh darah. Sedangkan HDL sebaliknya, dia bertugas membersihkan lemak dalam pembuluh darah untuk diangkut ke hati. Artikel ini akan membahas cara menurunkan kolesterol jahat agar kesehatan tetap optimal.

7 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat

Karena bila kadarnya tinggi di dalam darah menyebabkan berbagai masalah kesehatan, maka kadar kolesterol jahat dalam darah harus di control. Berikut cara menurunkan kolesterol jahat :

1. Lakukan Diet Rendah Lemak

Merupakan salah satu modifikasi diet dengan mengurangi jumlah lemak dalam makanan yang dikonsumsi. Bertujuan untuk menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh, yang akan berdampak positif pada kesehatan. Sebagai pencegahan penyakit jantung koroner, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh kadar lemak yang tinggi dalam darah. 

2. Olah Raga Rutin

Olah raga yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan intensitas ringan sampai berat dan durasi yang lama, minimal 30 menit 5 kali seminggu. Tujuannya untuk meningkatkan detak jantung sehingga terjadi pembakaran lemak sebagai tenaga. Olah raga yang bisa dilakukan seperti jalan, jogging, lari, bersepeda, berenang dan basket. 

3. Tingkatkan Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Serat berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serat larut air seperti pektin akan mengikat kolesterol dalam darah sebelum diserap tubuh. Kemudian lemak yang terikat dengan serat akan di keluarkan saat buang air besar. Beberapa makanan yang memiliki kadar serat yang tinggi adalah buah, biji-bijian, sayuran dan gandum utuh. Mengkonsumsi makanan tersebut merupakan salah satu cara menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Tingkatkan Konsumsi Ikan

Kandungan omega 3 dalam ikan dan minyak ikan memiliki efek menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Salah satu jenis ikan yang paling baik dikonsumsi adalah salmon, kemudian ikan tuna. Saran penyajiannya adalah konsumsi ikan dua atau tiga kali dalam seminggu. Sumber omega 3 lainnya terdapat pada kedele, kenari, dan minyak ikan.

5. Berhenti Merokok

Sudah banyak diketahui kalau merokok dapat merusak kesehatan tubuh. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa zat nikotin dalam rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Mekanismenya, zat aktif rokok yaitu nikotin akan mengganggu transportasi kolesterol ke hati, sehingga kadarnya tinggi di dalam darah. Efek buruk lainnya, radikal bebas dari rokok akan mengoksidasi kolesterol yang berada di dalam pembuluh, sehingga membentuk plak yang menyumbat pembuluh darah. Jadi jika kamu masih merokok berhentilah sekarang juga.

6. Hindari Makanan Sumber Lemak Trans Dan Lemak Jenuh

Cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi lemak trans. Selalu lakukan cek label makanan untuk mengetahui kandungan lemak trans dalam makanan kemasan. Karena lemak trans memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan. Berefek menurunkan HDL dalam tubuh dan meningkatkan LDL dalam tubuh. Bedanya dengan lemak trans, kalau lemak jenuh hanya berefek meningkatkan LDL tanpa menurunkan kadar LDL. Jika dilihat dari mekanisme tersebut, lemak trans dua kali lebih berbahaya dibanding lemak jenuh.

Baca Juga : Makanan Yang Harus Dihindari Karena Menyebabkan Kolesterol Tinggi

7. Hindari Kondisi Stress

Stress sudah diketahui jadi penyebab awal timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh. Kondisi stress akan mengubah cara tubuh dalam mencerna lemak, menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dan menimbulkan resiko penyakit jantung coroner. Ada banyak cara menghilangkan atau menurunkan stress, seperti tidur yang cukup, lakukan refreshing di akhir pekan dan berolahraga. Jangan terlalu tenggelam dengan pekerjaan, karena ada penelitian stress karena pekerjaan akan meningkatkan resiko dislipidemia. Dislipidemia adalah keadaan abnormal lemak dalam darah ditunjukkan dengan kadar LDL tinggi, Trigliserida tinggi dan HDL rendah.

Berlangganan Artikel :