Mau Muka Bersih Dan Bercahaya, Ikuti Cara Membersihkan Muka Yang Benar

Cara Membersihkan Muka Yang Benar - Membersihkan muka merupakan salah satu cara untuk menyegarkan dan menghilangkan kotoran yang menempel di muka. Dalam satu hari, biasanya membersihkan muka dua kali yaitu saat mandi atau membersihkan muka di waktu pagi dan malam hari. Jangan sekali-kali melewatkan untuk tidak membersihkan muka, karena akan berdampak pada kesehatan kulit Anda. Menjaga kebersihan muka merupakan suatu hal yang penting untuk mendapatkan muka yang bersih sekaligus menunjang penampilan saat beraktivitas dengan tampil yang maksimal.


Sebelum berlanjut cara-cara membersihkan muka yang benar, terlebih dahulu kenali jenis kulit muka Anda. Hal ini sangat penting untuk pembersih muka yang akan Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit. Setelah Anda mengenali jenis kulit muka Anda dan jenis sabun pembersih muka, tahap selanjutnya yaitu bagaimana cara membersihkan muka yang benar. Berikut cara-cara membersihkan muka yang benar.

7 Cara Membersihkan Muka yang Benar yang Harus Anda Pahami


Berikut ini beberapa cara membersihkan muka yang benar, diantaranya :

1. Bersihkan Tangan Anda Terlebih Dulu


Bersihkan tangan Anda dengan sabun anti bakteri dan bilas tangan Anda sampai bersih. Karena sebelumnya, tangan Anda telah melakukan banyak aktivitas yang membuat tangan Anda terkena banyak debu dan bakteri yang menempel di kulit Anda.

2. Ikat Rambut Anda


Setelah itu, ikat rambut Anda. Dengan mengikat rambut, Anda akan merasa lebih nyaman saat membersihkan muka. Anda pun akan lebih fokus pada membersihkan muka Anda. Anda tidak akan terganggu dengan rambut yang menjulur sampai ke muka.

3. Bersihkan MakeUp Di Muka Anda


Menghilangkan makeup yang menempel di muka busa dengan cairan remover atau krim khusus pembersih makeup seperti milkcleanser. Pilihlah pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Mulailah dengan membersihkan riasan mata yang sulit seperti maskara dan eyeliner. Anda bisa menggunakan cairan remover khusus berbahan dasar minyak seperti babyoil dengan bantuan kapas supaya lebih mudah membersihkannya.

4. Cuci Muka Anda


Setelah membersihkan makeup tahap selanjutnya yaitu basahi muka Anda dengan air bersih. Tuangkan sabun pembersih muka atau facialfoam ke tangan Anda, lalu basuh secara merata di muka Anda. Bilas dengan air bersih ke muka Anda. Setelah selesai mencuci muka dengan facialfoam, basuhlah dengan air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas atau dingin, karena dapat merusak pembuluh kapiler dan menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Anda harus memperhatikan penggunaan facialfoam yang cocok untuk jenis kulit Anda. Untuk jenis kulit muka yang berminyak memiliki pori-pori yang besar, berminyak, dan terlihat mengkilap. Jenis kulit ini disarankan untuk memakai sabun pembersih muka atau facialfoam yang bebas minyak.

5. Keringkan Muka Anda dengan Handuk Bersih


Setelah mencuci muka, keringkan muka Anda dengan handuk. Hindari mengeringkan muka dengan menggunakan handuk atau bahan yang kasar. Sebaiknya, menggunakan handuk khusus berbahan halus atau tisu untuk menjaga elastisitas kulit muka Anda.

6. Gunakan Penyegar (Toner)


Untuk menyegarkan dan menutup pori-pori muka Anda yang sudah terbuka saat mencuci muka Anda tadi gunakan facetoner. Facetoner memiliki kandungan lactic dan asam salisilat untuk mengangkat sel kulit mati pada muka Anda.

7. Lembabkan Kulit Anda


Gunakan pelembab wajah setelah mencuci muka karena muka akan lebih kering setelah dibersihkan. Pastikan pelembab yang digunakan mengandung oilfree dan berbahan dasar air atau gel.

Setelah selesai membersihkan muka dan memberikan perawatan pada muka Anda. Cobalah untuk tetap menjaga kebersihan muka dan di sekitar tempat tidur Anda. Selalu mengganti sarung bantal Anda dengan yang bersih setiap tiga hari sekali.

Berlangganan Artikel :